Langsung ke konten utama

Kegiatan Pesantren Kilat & Buka Bersama SD Jejeran

Dari hasil keputusan bersama kegiatan pesantren kilat di SD Jejeran dilaksanakan mulai tanggal 2 Agustus 2012 sampai 4 Agustus 2012 yang diikuti oleh sekitar 100 lebih siswa dan siswi dari kelas 6 A, B, C & D, kegiatan dimulai pada pagi hari setelah jam pelajaran masuk da kegiatanya antara lain ceramah agama atau siraman rohani, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, setelah shalat dhuhur berjamaah kira-kira jam 13.00 wib anak-anak selesai dan pulang, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari.
Beberapa manfaat dan tujuan dari adanya pesantren kilat (sanlat) sebagai berikut :
Manfaat :
  1. Meningkatkan pemahaman dan penerapan isi kandungan Al-Quran sehingga mejadikan Al-Qur‟an sebagai pedoman hidup bagi setiap anggota masyarakat Muslim khususnya anak-anak.
  2. Memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada setiap muslim tentang berbagai isu dan permasalahan hidup sehari-hari yang dihadapi setiap insan yang solusinya dapat diperoleh dari isi kandungan Al-Qur‟an
  3. Memberikan bekal kesadaran yang tinggi kepada setiap muslim tentang salah satu perwujudan dari ciri-ciri orang yang bertaqwa yaitu orang menafkahkan sebagian rezekinya melalui zakat, infaq dan sadaqah.
Tujuan :
  1. Melatih jiwa kemandirian peserta didik, para siswa dilatih untuk belajar bertanggung jawab terhadap diri pribadi.
  2. Memperlancar ukhuwah antar peserta didik. Keakraban yang terbentuk selama pesantren kilat ini diharapkan bisa menjalin tali silahturahmi serta ukhuwahyang dibingkai dalam keluarga besar SD Jejeran, baik dengan teman sejawat dan para guru.
  3. Pesan Ramadhan setiap tahunnya adalah menjadikan setiap insan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Alloh SWT. Begitu pula pada Pesantren Kilat Ramadhan 1433H tahun ini, segala kegiatan yang dilaksanakan diharapkan para peserta didik lebih dekat kepada Sang Kholik yang menciptakan segala apa yang ada di bumi dan di langit beserta isinya.
Kegiaatan ini ditutup dengan buka bersama siswa siswi kelas 5 A, B, C & D beserta dewan sekolah dan segenap bapak ibu guru serta karyawan SD Jejeran. Dengan menu yang telah sediakan oleh panitia penyelenggara, walau sederhana tapi kebersamaan dan nilai ibadahnya tentu yang ingin dirasakan bersama. Pada akhir acara Kegiatan ini di tutup dengan shalat magrib berjamaah do'a bersama.
Semoga bermanfaat (@w)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Alumni SD Jejeran

SD Jejeran, Wonokromo , Pleret, Bantul, Yogyakarta. Saya dulu menimang ilmu di SD Jejeran. yang terletak di Jejeran, Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupatennya sih pasti Bantul yah, :) Saya dulu masuk SD pertama kali tahun....tahun berapanya saya lupa, :D banyak pengalaman ya pastinya, kalau di rinci sih enggak bakalan selesai tentunya. Salah satunya ketika memakai rok merah putih dan sukanya itu rok pendek, sama itu loh.... rambutnya di kucir sama pakai bandana, :) pengen sih mengulang masa-masa itu kembali, tapinyakan nggak bakalan bisa terulang ya, syang deh, :( karena seperti pepetah, waktu itu nggak akan bisa terulang walau 1 detikpun, sok bijak ya akunya, hhihihi oh iya, SD Jejeran itu sudah terakreditasi A lohh, bayangkan saja bagaimana pikiranmu tentang SD yang sudah terakreditasi A itu. Pasti yang ada di benak kalian keren, anaknya pintar-pintar kan? dan masih banyak lagi, dan itupun jawaban yang ada di SD.ku pokoknya bangga jadi anak SD Jejeran. htt

MUSEUM AFFANDI Mengunjungi Istana Sang Maestro

Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta 55281, Indonesia (0274) 562 593 Museum affandi adalah seluruh bagian dari kehidupan Affandi sebagai maestro seni lukis. Di wilayah tepi sungai Gajah Wong itu, Affandi hidup, berkarya, mentransformasikan ilmunya dan bersemayam di rumah abadinya. Mengunjungi Museum Affandi yang terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo, atau tepatnya tepi barat Sungai Gajah Wong, memberi kesempatan bagi anda untuk menjejaki seluruh bagian berarti dari kehidupan Affandi. Anda bisa melihat karya-karya agung semasa sang maestro hidup, karya para pelukis lain yang ditampungnya, alat transportasi yang dipakainya dahulu, rumah yang ditinggali hingga sebuah sanggar yang kini dipakai untuk membina bakat melukis anak. Kompleks museum terdiri dari 3 buah galeri dengan galeri I sebagai tempat pembelian tiket dan permulaan tur. Galeri I yang dibuka secara pribadi oleh affandi sejak tahun 1962 dan diresmikan tahun 1974 ini memuat sejumlah lukisan Affandi dari